JA Company

Responsive joomla template for company

Dalam inovasi metode fundraising wakaf uang, Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia menggunakan instrumen dari Industri Keuangan Non Perbankan Syariah seperti asuransi jiwa syariah.

Penggunaan instrumen tersebut harus sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) dan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu fatwa DSN MUI terkait penggunaan instrumen asuransi jiwa syariah adalah Fatwa DSN MUI nomor 106 Tahun 2016 tentang Wakaf Manfaat Meninggal dan Wakaf Manfaat Investasi Asuransi Jiwa Syariah.

Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Asuransi Jiwa CAR Syariah dan Asuransi Jiwa Generali Syariah yang telah menyediakan produk asuransi jiwa dengan fitur wakaf sesuai fatwa DSN MUI.

 

Nazhir adalah pihak yang berwenang untuk mengelola aset atau harta benda wakaf. Khusus wakaf uang maka nazhir wakaf uang harus berbentuk badan hukum dan memiliki nomor registrasi di Badan Wakaf Indonesia.

Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia telah memiliki kerjasama dengan nazhir wakaf uang yaitu Nazhir Wakaf Uang Yayasan Badan Wakaf Indonesia dan Nazhir Wakaf Uang Dewan Masjid Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Pada tanggal 24 Maret 2016 Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia dalam bidang pelatihan dan sosialisasi wakaf.

Sesuai dengan perjanjian kerjasama tersebut maka Badan Wakaf Indonesia akan terlibat sebagai pemater pada pelatihan Duta Wakaf® yang diselenggarakan oleh Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia. 

Lihat dokumentasi kegiatan 

(linked to menu galeri kegiatan)

 

Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) memiliki peran sentral dalam pengelolaan wakaf uang. Selain berfungsi sebagai Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf Uang (PPAIWU), LKS PWU juga adalah pihak yang bertugas menyediakan instrumen atau produk pengelolaan wakaf uang untuk para nazhir wakaf uang.

Saat ini LKS PWU yang telah menandatangani kerjasama dengan Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia adalah Bank BTN Syariah. Salah satu kerjasama yang telah dilakukan adalah merumuskan alur pengelolaan wakaf uang baik untuk wakaf uang abadi maupun wakaf uang berjangka serta model pembiayaan back to back mudharabah yang memungkinkan dilakukan pembiayaan untuk wakaf produktif tanpa resiko atas gagal bayar angsuran pembiayaan.

Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia pun telah menjalin sinergi dengan Bank BNI Syariah dan Bank BPD DIY Syariah sebagai sponsor dalam kegiatan sosialisasi metode fundraising wakaf uang tingkat provinsi dan kabupaten kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Zakat & Wakaf pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dalam melakukan sosialisasi dan edukasi wakaf produktif.

Kerjasama yang sudah dilakukan salah satunya adalah sosialisasi metode fundraising wakaf uang pada tingkat provinsi dan kabupaten kota se-provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Juli 2017 bersama Kanwil Kemenag DIY.

Lihat dokumentasi kegiatan 

(linked to menu galeri kegiatan)

 

 

 

Come Visit Us

PUSAT SYIAR, KAJIAN & KERJASAMA WAKAF (PUSKAF)
YAYASAN EDUKASI WAKAF INDONESIA

Jl. Delima 280, Miliran, Muja Muju, Umbulharjo, , Yogyakarta

Get Direction
Contact YEWI

Mobile: 08112955770

Email: edukasiwakaf@gmail.com
Open Hours

Senin - Jumat: 08. WIB - 17.00 WIB

Sunday: Closed :)